Artikel Plastik Kemasan - Tips Trik Kemasan: Industri Kemasan yang Menjanjikan

Kamis, 14 Juli 2016

Industri Kemasan yang Menjanjikan

Meningkatnya Industri Kemasan

Banyak sekali bermunculan usaha-usaha baru yang dikatakan dapat menghasilkan keuntungan yang besar dan berlipat ganda. Lalu apakah semua usaha itu berjalan dengan baik? Tentunya sebuah usaha tidak mungkin berjalan dengan baik jika tidak dilengkapi dengan sumber daya manusia yang baik, produk yang berkualitas dan pastinya packaging yang menarik. Ketiga poin ini mungkin bisa dianggap sebagai poin dasar yang wajib dimiliki oleh seorang calon pengusaha besar. Terutama untuk packaging atau kemasan, yang merupakan hal yang pertama dilihat dan memberi kesan pada konsumen. Produk yang berkualitas tinggi jika tidak dikemas dengan baik atau dibuat dengan kemasan yang buruk mungkin akan membuat konsumen enggan untuk membelinya. Oleh karena itu tak heran jika industri kemasan sekarang ini semakin menjamur.



Semakin banyakanya pengusaha baru membuat industri kemasan menjadi semakin dicari orang. Bukan hanya penampakan yang baik, orang juga membutuhkan kemasa yang berkualitas untuk dapat menjaga produk yang dijual. Bahkan di Indonesia sendiri Industri kemasan dalam negeri menargetkan pertumbuhan penjualan tahun ini mencapai 10% menjadi Rp 77 triliun dari tahun sebelumnya Rp 70 triliun. Target pertumbuhan tersebut didorong oleh kenaikan permintaan dari berbagai produk yang membutuhkan kemasan. Terutama untuk jenis kemasan plastik yang permintaannya mencapai 60%. Sangat berbeda jauh dengan kemasan karton yang hanya 27% dan sisanya dari kemasan kaleng dan gelas.

Henky Wibawa, selaku Executive Director dari Indonesian Packaging Federation (IPF) mengatakan bahwa industri kemasan di Indonesia sendiri mulai mengalami trend pertumbuhan sejak tahun 2000-an, dan selama 5 tahun terakhir industri kemasan mengalami pertumbuhan “year-to-year” rata-rata 10%. Trend pertumbuhan ini tidak lepas dari kontribusi industri consumer goods yang membutuhkan packaging dan khususnya lebih dominan pada flexible packaging.

Wakil Menteri Perindustrian (wamenperin), Alex SW Retraubun mengatakan perhatian terhadap standar dan kualitas pada kemasan sangat penting, karena kemasan merupakan awal penilaian konsumen terhadap suatu barang dan menarik mereka untuk membeli. Industri kemasan, lanjut dia, selama ini didorong oleh pertumbuhan industri makanan dan minuman, farmasi, maupun barang kebutuhan konsumen lainnya. Pemerintah sendiri terus mendorong perkembangan dan peningkatan daya saing khususnya industri kemasan, dengan memperkuat struktur industri hulu ke hilir, dan menurunkan tarif bea masuk bahan baku untuk yang belum bisa diproduksi dalam negeri.


Sumber : kemenperin

--RAT-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar