Artikel Plastik Kemasan - Tips Trik Kemasan: Kemasan UKM Pada Produk Haruslah Informatif dan Efektif

Kamis, 03 November 2016

Kemasan UKM Pada Produk Haruslah Informatif dan Efektif

Kemasan UKM yang tepat


Kemasan UKM pada zaman sekarang ini bisa dibilang mempunyai desain  yang sangat menarik dan ikonik, tujuan mereka tentu satu yakni untuk menarik minat pengunjung agar tertarik dan membeli apa yang mereka tawarkan. Packaging / kemasan merupakan salah satu elemen penting yang harus anda pikirikan ketika ingin menjual barang/makanan yang anda produksi. Kekuatan Kemasan / packaging di zaman modern ini bisa dibilang merupakan hal yang amat vital untuk kesuksesan penjualan anda. Kemasan yang Menarik dan Inovatif bisa jadi salah satu faktor mengapa produk anda akan lebih cepat di lirik dan di terima dalam mindset masyarakat modern pada umumnya.



Nah pada artikel ini, penulis coba sharing beberapa bentuk kemasan produk bisa menjadi alat promosi yang efektif,informative serta menarik baik dari sisi bisnis dan juga branding.


  • Kemasan Roti

Nah pada jenis kemasan di atas bisa dilihat bukan designnya agak sedikit nyeleneh dan tergolong aneh, namun jangan salah justru dengan desain seperti ini calon konsumen bisa melihat seutuhnya apa yang kita jual dan tawarkan. Kemasan dengan model open view ini bisa dibilang sangat baik di gunakan untuk produk-produk konsumsi, mengapa? Karena dengan melihat bentuk fisik makanannya secara langsung maka mindset konsumen akan terbentuk bahwa makanan tersebut cukup menggugah selera dan terlihat lebih enak. 


  • Kemasan Minuman

Untuk mengemas produksi benda cair seperti minuman, kita bisa memilih bentuk kemasan yang agak sedikit berbeda namun tetap fungsional. Pemilihan jenis kemasan dengan model gelas sudah pasti menjelaskan bahwa yang kita jual adalah barang konsumsi seperti minuman. Nah pada tahap ini kita tak perlu menjelaskan informasi apapun pada kemasan minuman tersebut, kita hanya cukup membuat impresi konsumen tercipta dengan sedikit menambahkan aksen rasa minuman yang akan kita jual. Misal saja kita menjual minuman strawberry, sudah barang tentu kemasan yang akan kita pilih haruslah memiliki warna yang identic dengan buah yang terknal asam manis tersebut. Jika kita membuat minuman dingin, maka secara otomatis kita akan menambahkan efek air pada kemasan tersebut, sehingga konsumen pun merasa apa yang mereka liat akan terasa nikmat jika di konsumsi langsung


  • Kemasan Barang / Produk


Nah pada kemasan yang satu ini lebih menitik beratkan kepada konsumen tentang apa yang kita jual, untuk barang produksi tidak ada kriteria khusus untuk membuatnya tampil menarik. Karena barang produksi non konsumsi tergolong mempunyai kemasan yang lebih simple dan mengutamakan fungsionalitas untuk melindungi barang tersebut. Namun tak ada salahnya anda memilih kemasan dengan tema barang yang anda jual.

Nah khusus untuk kemasan UKM makanan maka ada baiknya anda membuat sesuatu yang cukup ikonik dan menarik, biasanya para pengusaha UKM sangat terbatas mengkreativitaskan jenis kemasan mereka. Terbentur masalah dana, pemasaran hingga desain inilah yang membuat para pebisnis UKM kurang kompetitif dan cenderung main aman.

1 komentar: