Artikel Plastik Kemasan - Tips Trik Kemasan: Mengenal Macam-macam Kemasan Industri

Rabu, 13 Juli 2016

Mengenal Macam-macam Kemasan Industri


Memilih Kemasan yang Sesuai


Jika anda memiliki usaha di bidang industri anda pasti akan membutuhkan packaging yang baik. Packaging yang baik bukan hanya desainnya saja yang harus menarik tapi juga harus memiliki bentuk kemasan yang sesuai dan rapih. Kemasan yang menarik akan sangat mempengaruhi penjualan produk anda. Selain menarik kemasan juga harus rapih dan aman, sehingga dapat menjamin produk yang sampai di tangan konsumen dalam keadaan baik. Di era sekarang ini kemasan industri memang banyak sekali dibutuhkan, semakin mudahnya proses pengiriman barang membuat industri kemasan ini banyak sekali digunakan.


Jika anda berniat untuk mengemas produk anda, ada baiknya anda mengenal terlebih dahulu kemasan seperti apa yang sekirang cocok digunakan pada produk anda. Yang pasti anda harus mencari kemasan yang sesuai dengan produk anda. Dan kali ini Wiratech akan membahas mengenai macam-macam kemasan indiustri yang bisa anda gunakan :



1.       Plastik Stretch Film

Jenis kemasan yang satu ini banyak sekali digunakan untuk wrapping. Fungsi dan bentuknya mirip dengan plastic wrap untuk makanan hanya saja lebih tebal. Plastik stretch film ini terbuat dari plastik film tipis yang terdiri dari beberapa lapis lapisan elastis dan mempunyai daya rekat yang kuat. Plastik jenis ini dapat memudahkan dalam pembungkusan karena anda tidak memerlukan lem dan tali pengikat. Kelebihan dari produk ini antara lain : mampu mengisolasi produk dari debu dan air, transparan, tidak mudah sobek meskipun tipis, daya rekat kuat.





2.       Plastik Shrink Film

Jenis plastik kemasan ini hampir sama dengan jenis plastik stretch film, bedanya kemasan plastik ini lebih tipis daripada jenis plastik stetch film. Kelebihan lain dari plastik shrink film ini diantaranya adalah : tipis tapi sulit untuk sobek (ulet), tapi jika sobek akan mudah terbuka, tingkat transparasi sangat tinggi dan biasanya dapat digunakan untuk produk makanan karena sudah food grade.





3.       Plastik Skin Film

Jenis kemasan plastik yang satu ini mempunyai bentuk yang berbeda dengan kedua jenis plastik yang sudah dibahas sebelumnya. Plastik skin film adalah jenis kemasan plastik yang mirip dengan polythylane plastic, memiliki bentuk yang lebih tebal dan keras tapi mampu membentuk produk yang akan dijual. Kelebihannya adalah : jenis plastik ini perlu dipanaskan agar dapat membentuk produk, keras dan tidak mudah meleleh jika terkena panas, produk dan plastik kemasan juga biasanya sangat menempel sehingga tidak ada udara yang masuk.


4.       Strapping Band Superpack

Jenis plastik kemasan industri ini biasa digunakan untuk mengikat produk sehingga tidak tercecer. Terutama untuk produk-produk yang memiliki ujung yang runcing dan tajam. Kelebihan dari kemasan jenis ini antara lain : mengurangi tubrukan atau goresan pada produk dan memiliki daya tarik yang kuat sehingga menjamin produk aman.



--RAT-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar