Artikel Plastik Kemasan - Tips Trik Kemasan: Kemasan Makanan Kertas Lebih Ramah Lingkungan Dan Aman

Senin, 14 Mei 2018

Kemasan Makanan Kertas Lebih Ramah Lingkungan Dan Aman





Kemasan Makanan Kertas



kemasan makanan kertas merupakan pembungkus yang terbuat dari bahan dasar kertas karena lebih ramah terhadap lingkungan dan mudah diurai. Alasan produsen menggunakan kemasa kertas karena kemasan makanan kertas selain ramah lingkungan. Mudah dibentuk dalam bentuk yang menarik dan juga mudah dicetak desain gambar yang menarik.






Kini memang sudah banyak perusahaan yang memproduksi kemasan makanan kertas karena ingin mengurangi pencemaran lingkungan agar lebih ramah lingkungan. Kemasan makanan kertas di desain semenarik mungkin agar lebih banyak produsen makanan yang menggunakannya. Kemasan makanan kertas juga digunakan untuk mengemas makanan cepat saji seperti pizza, fried chicken, roti, snack, dan masih banyak lagi.




Kelebihan Kemasan Makanan Kertas 


Lebih ramah lingkungan, Bahan Kertas dapat didaur ulang secara mudah dan juga cepat terurai bila sudah menjadi limbah, Lebih Kaku dan Solid, Sehingga cocok untuk kemasan box atau produk dengan variasi atau desain yang unik, Lebih mudah Memroduksiannya, Tak perlu mesin pemanas, pembakaran, pencetakan, dll untuk memproduksi kemasan kertas. Kemasan kertas yang sederhana bahkan dapat dilakukan di rumah dengan peralatan yang seadanya. Kemasan makanan kertas yang biasa digunakan adalah jenis kertas sebagai berikut:



Kertas tahan minyak (Grease Prof)


Jenis kertas ini digunakan untuk makanan dengan kadar lemak tinggi, karna kertas jenis ini mempunyai daya tahan yang tinggi terhadap minyak. Untuk jenis makanan yang mengandung minyak lemak cocok menggunakan jenis kertas Grease Prof.



Kertas Kraft,


Jenis kertas ini banyak digunakan untuk kemasan makanan seperti keju atau makanan sejenisnya. Kertas Kraft dibuat dari bubur sulfat dan kayu kraft (yang berasal dari Swedia dan Jerman). Memiliki sifat yang lebih kuat dari kertas Glassine, sehingga bahan pangan yang dibungkus dengan kertas ini akan tetap kering lebih-lebih bila permukaannya dilem dengan resin.



Bahan Duplex (coated)


Bahan duplex ini gampang dibedakan dengan bahan lainnya, Jenis kertas Duplex ini memiliki satu sisi putih dan sisi yang lain (bagian belakang) berwarna abu-abu. Kertas Duplex umum dipakai sebagai alas buku jenis nota, dan khususnya untuk pembuatan box packaging karena harganya yang relatif murah dibandingkan dengan bahan lainnya. Biasa dicetak hanya 1 sisi, di bagian sisi yang berwarna puth. Gramasi yang umum dipakai 250gr, 270gr, 310gr, 350gr, 400g.



Kertas Ivory


Kertas Ivory adalah kertas yang aman untuk digunakan sebagai packaging makanan, Kertas Ivory ini memiliki 2 sisi berwarna putih dengan tekstur yang berbeda. satu sisi bertekstur halus dan sisi satunya lagi sedikit kesat seperti HVS.Biasanya Kertas Ivory digunakan untuk Box makanan atau Packaging makanan karena cukup tebal dan kokoh. 

Dan yang menjadikan Kertas Ivory ini lebih banyak peminatnya adalah, kesan” Eksklusif” nya. Packaging makanan di restoran sekarang pun banyak yang menggunakan Kertas Ivory sebagai bahan dasar Dus Makanan mereka, selain aman untuk makanan, kertas ini juga mempunyai kesain lebih eksklusif. Gramasi yang umum digunakan adalah 210gr, 250gr,300gr,350gr. Penggunaan kertas ivory sekarang banyak diminati, apalagi dalam proses pembuatan Paper 

Bag atau Dus Makanan. Selain ketebalannya, kertas ini juga ternyata salah satu jenis kertas yang Food Grade (Tidak berbahaya bagi makanan yang dikonsumsi). Jadi kertas ini sangat sesuai dipakai untuk restaurant-restaurant yang ingin menjual makanan untuk dibawa pulang oleh konsumen.




Demikian pembahasannya tentang kemasan makanan kertas dan jenis bahan kemasan kertas yang digunakan. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar